MAKALAH
TELAAH
BUKU TEKS IPS TINGKAT SMK
DOSEN : HASFIN
ARIAN, M.Pd
DISUSUN
OLEH
1)
SUDAWAN SUPRIADI
2)
HERMAWAN
3)
MASRURI
4)
SUNANTO
5)
NURUL YATIM
6)
SARIFUDIN
7)
ARDIANTO
8)
HERI AMANUDIN
9)
NUR ROHMAH ZIANI
10) ANA AMALIA
11) FATMAWATI
12) ANGGUN FERANIKA
13) YUNITA
PURNAMA SARI
MATA KULIAH
: TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS
PRODI
: EKONOMI AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
( S T K I P )
NURUL HUDA SUKARAJA
KECAMATAN BUAY MADANG – OKU
TIMUR
TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia Nya, yang mana kami dalam menyusun makalah
ini tiada halangan suatu apapun.
Dalam hal ini kami akan menyajikan gambaran
umum buku teks untuk SMK dan ringkasan yang berisikan tentang Buku Sekolah
Elektronik IPS kelas X dan Buku Teks IPS
kelas XI. Yang mana tujuan kami dalam membuat ringkasan ini agar semua mahasiswa
calon pendidik mengetahui cara untuk memilih buku teks
yang baik dan relevan terhadap kurikulum yang ada dan salah satu tugas yang telah diberikan dosen
kepada kelompok kami.
Kami
menyadari bahwa penulisan dan isi makalah ini masih perlu ditingkatkan
mutunya oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ………….……………………………………………………………
|
i
|
Daftar Isi ………..………………………………….…………………………………
|
ii
|
BAB
BAB
BAB
BAB
|
I
II
III
.
VI
|
PENDAHULUAN ……………………………………………………
1.1
Latar
belakang ……………………………………………………..
1.2
Rumusan
masalah ……………………………………………….….
1.3
Tujuan
…………………………………………………………..….
1.4
Manfaat
…………………………………………………………….
GAMBARAN UMUM BUKU TEKS SMK
2.1 Buku
Sekolah Elektronik IPS Kelas X …………………………….
2.2
Buku Teks IPS Kelas XI …………………………….……………..
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian buku teks ……………………………………………….
3.2 Telaah buku teks tingkat SMK
……………………………………
3.3 Aspek isi …………………………………………………………..
PENUTUP
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………
4.2
Saran ………………………………………………………………..
|
1
2
2
2
3
4
6
6
7
9
9
|
Daftar Pustaka
……………………………………………………………………….... 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Secara
definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan
di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958
:1523). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks dapat menjadi
pegangan guru dan siswa yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku
suplemen/tambahan. Di dalam kegiatan belajar, siswa tak sebatas mencermati apa-
apa saja yang diterangkan oleh guru. Siswa membutuhkan referensi atau acuan
untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa lebih luas sehingga kemampuannya dapat
lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku teks tersebut, siswa dituntun untuk
berlatih, berpraktik, atau mencobakan teori-teori yang sudah dipelajari dari
buku tersebut. Oleh karena itu, guru harus secara cerdas menentukan buku ajar
karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru
tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di
dalam proses pembelajaran nantinya. Saat ini, pemerintah telah memberikan suatu
kebijakan berupa disediakannya buku sekolah elektronik (BSE). Siswa ataupun
guru dapat mengunduh buku tersebut secara gratis. Pemerintah membeli buku- buku
dari penulis buku ajar yang telah lolos seleksi standardisasi buku teks yang
telah ditetapkan. Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar
tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat
ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut
keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku
ajar ini sudah sesuai atau belum, dsb. Oleh karena itu, perlu diadakannya
analisis terhadap buku teks tersebut, dalam hal ini BSE apakah BSE tersebut
telah benar-benar memenuhi kriteria buku teks yang baik. Buku yang akan dianalisis dalam makalah ini ialah buku
untuk Sekolah Menengah kejuruan “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK Kelas X ” yang
ditulis oleh Nur Wahyu Rohmadi. Bab 3 tersebut mengangkat tema “kebutuhan
manusia”. menarik untuk dikaji yaitu mengenai kesesuaiannya dengan buku teks
yang ideal. Dan buku teks IPS untuk SMK kelas XII yang ditulis oleh Drs.
Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M.
1.2
Rumusan Masalah
1. Bagaimana gambaran umum isi bab
yang dianalisis?
2. Bagaimana relevansi buku yang
dianalisis dengan kurikulum?
3. Apa kelemahan dan kelebihan buku
BSE IPS Jilid I dan buku IPS kelas XII ?
4. Bagaimana kesesuaiaan materi dan
tugas yang terkandung didalam buku ?
5. Apa saja komponen lain sebagai
penanda bahwa buku teks tersebut dapat dikatakan
baik?
1.3
Tujuan
1. Untuk mengidentifikasi materi
yang terdapat di dalam buku dan relevansinya
dengan
kurikulum.
2. Untuk mengidentifikasi kesesuaian
ilustrasi yang digunakan dengan materi yang
disampaikan.
3. Untuk mengetahui komponen-komponen lain sebagai penanda
bahwa suatu buku
teks dikatakan baik
seperti kejelasan konsep, menarik minat, menumbuhkan
motivasi, dsb.
1.4
Manfaat
1. Pembaca ataupun penyusun secara
khusus dapat mengetahui kriteria-kriteria atau standar buku teks yang baik.
2. Guru dapat memberikan referensi buku
ajar yang tepat bagi siswa-siswanya.
3. Bisa menjadi bahan evaluasi dalam
pembuatan buku teks yang berkualitas di penerbitan berikutnya.
BAB II
GAMBARAN UMUM ISI BUKU
2.1.
Buku Sekolah Elektronik IPS Kelas
X
Identitas Buku
Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai identitas buku yang salah satu
babnya akan penulis analisis.
1) Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial
untuk SMK kelas X
2) Penulis : Nur wahyu Rohmadi
3) Editor : Widodo
4) Perancang Caver : TIM
5) Ukuran 1 Buku : 17,6 x 25 cm
6) Tahun Terbit : 2009
7) Diterbitkan oleh : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Perbukuan Departemen Pendididikan
Nasional
8) Diperbanyak oleh : CV.ARYA DUTA
Depok
9) Tempat Terbit : Jakarta
10) Ditujukan Kepada : Siswa Sekolah
Menengah Kejuruan Kelas X
Kelompok kami akan menganalisis materi yang terkandung dalam
buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Kebutuhan Manusia” ini merupakan bab ke tiga dari buku Ilmu pengetahuan Sosial untuk SMK kelas X yang ditulis oleh Nur wahyu
rohmadi. Buku ini merupakan buku sekolah elektronik (BSE) yang diterbitkan oleh
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009. Di dalam buku
sekolah elektronik yang penulis analisis ini, profile lengkap penulis tidak
tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat hidup atau riwayat pendidikan
perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku teks ini. Yaitu untuk
mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki kapabilitas dan pemahaman
yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan penulisan buku-buku ajar.
Sistematika Isi, Pada awal bab, pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai
topik bab tersebut yaitu “Kebutuhan Manusia”. Berkaitan dengan sistematika isi,
bab 3 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar, penjelasan materi, tugas,
dan rangkuman.
Di dalam penulisan buku ini pembaca khususnya peserta didik
juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel
sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula
lajur khusus di bawah berupa kolom
khusus intruksi tugas individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih
terkesan rapih dan tidak tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Kebutuhan Manusia” ini terdiri
dari sepuluh halaman. Halaman pertama terdiri atas topik bab, penjelasan materi,
dan gambar mengenai keseluruhan isi yang
terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya mengenai penjelasan
materi lanjutan. Selain penjelasan materi yang diformat secara naratif, ada
juga penjelasan yang diformat berbentuk tabel atau bagan sehingga lebih
memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan.
Selain itu, di lajur sebelah kiri atau kanan tersedia kolom-kolom yang berisi
intruksi tugas individu atau kelompok. Dengan adanya kolom-kolom tersebut,
tugas yang akan diintruksikan kepada siswa menjadi lebih rapid an di dua
halaman terakhir bab terdapat rangkuman.
2.2. Buku IPS kelas XI
Identitas Buku Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai
identitas buku yang salah satu babnya akan penulis analisis.
1) Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial
2) Penulis : Drs. Suwarto, M.Pd dan
Drs. Agus Sumali, M.M
3) Editor : Bobby prabawa, S.E
4) Disainer isi : Dedi wahyu sultan
malaka
5) Disainer sampul : Gatot Murtioso
6) Sumber sampul : triswana
7) Percetakan : Ghalia Indonesia
Printing (Yudhistira)
8) Tahun : Surakarta, agustus 2007
Selain itu kelompok kami akan menganalisis materi yang
terkandung dalam buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Struktur
Sosial dan Penyebab Konflik Sosial” ini
merupakan bab ke satu dari buku Ilmu
pengetahuan Sosial untuk SMK kelas XI yang
ditulis oleh Drs. Suwarto W.A, M.Pd & Drs. Agus Sumali, M.M. Buku ini
merupakan buku panduan sekolah cetakan
pertama rajab 1428H Agustus 2007 oleh percetakan Ghalia Indonesia printing . Di
dalam buku sekolah yang penulis analisis
ini, profile lengkap penulis tidak tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat
hidup atau riwayat pendidikan perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku
teks ini. Yaitu utnuk mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki
kapabilitas dan pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan
penulisan buku-buku ajar. Sistematika Isi dan Peta Konsep Pada awal bab,
pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai topik bab tersebut yaitu “ Struktur Sosial dan Penyebab Konflik sosial ”. Berkaitan dengan sistematika isi
dan peta konsep, bab 1 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar,
penjelasan materi, tugas, istilah-istilah penting, rangkuman dan uji kompetensi
disetiap akir topik bab. Peta konsep yang tersaji dalam buku SMK kelas XI ini
ditulis secara naratif yaitu mengenai topik bab secara keseluruhan.
Di dalam penulisan makalah ini pembaca khususnya peserta
didik juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel
sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula
lajur khusus di sebelah iri atau kanan berupa kolom khusus intruksi tugas
individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih terkesan rapih dan tidak
tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Struktur sosial dan penyebab
konflik sosial” ini terdiri dari empat halaman. Halaman pertama terdiri atas
topik bab, ilustrasi mengenai topik, dan peta konsep gambar mengenai
keseluruhan isi yang terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya
mengenai penjelasan materi. Selain penjelasan materi yang diformat secara sistematis,
ada juga penjelasan yang diformat berbentuk table atau lingkaran sehingga lebih
memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan.
Selain itu terdapat peta konsep dan kata kunci dari peta konsep itu berupa
materi yang akan di sampaikan, di setiap akir sub topik bahasan selalu ada soal latihan dan tugas,
jadi lebih menekankan siswa untuk menguji materi di setiap sub pokok bahasan
dan uji kompetensi di setiap akhir bab. Di dua halaman terakhir bab terdapat
rangkuman dan istilah-istilah penting.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para
ahli. Berikut ini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks
IPS. Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud
dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku
standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu
buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku
yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan
oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan
sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks
adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan
tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan
yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523). Dari beberapa definisi tersebut,
di dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (Tarigan, 1986: 13) disimpulkan
bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang
merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat
maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana
pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di
sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program
pengajaran.
3.2 Telaah Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat
SMK
Membaca definisi-definisi yang diungkapkan para ahli,
terlihat sekali pentingnya buku teks dalam menganalisis sebagai bahan evaluasi
buku teks di edisi mendatang. selalu dievaluasi untuk menunjang suatu
pembelajaran. Sehingga, pembuatan buku teks harus dilakukan secara cermat. Buku
teks yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan seperti
yang diungkapkan oleh Greene dan Petty dalam Tarigan (1986: 86) yaitu sudut pandang
(point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat,
menumbuhkan motivasi, menstimuli aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif,
menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu.
Berdasarkan
kriteria-kriteria buku teks yang baik tersebut, penulis melakukan penelaahan
atau penganalisisan terhadap salah satu bab dari buku sekolah Elektronik IPS kelas X yang ditulis oleh Nur Wahyu
Rohmadi. Bab yang penulis analisis bertema “Kebutuhan Manusia”. Di dalam bab
tersebut terdiri atas standar kompetensinya adalah Memahami permasalahan
ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem
ekonomi, beberapa kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi kebutuhan manusia,
mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang
tidak terbatas dan mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa,
bagaimana, dan untuk siapa barang dan jsa diperoduksi.
Dan satu
bab dari buku IPS kelas XI yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A,M.Pd dan dkk. Bab
yang penulis analisis bertema “Struktur sosial dan penyebab konflik sosial”
dengan kompetensi dasar mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam
kehidupan masyarakat, menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya konflik
social dalam kehidupan masyarakat dan menganalisis hubungan struktur social
dengan mobilitas sosial.
3.3
Aspek Isi
Relevansi
dengan kurikulum Penulisan buku teks tidak lepas dari kurikulum karena
penulisan buku teks memang mengacu pada kurikulum. menurut Tarigan dalam Telaah
Buku Teks Bahasa Indonesia (1986: 66), “Keeratan hubungan buku teks dan
kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan atau dibandingkan dengan hubungan
antara ikan dengan air, atau juga dapat
disamakan dengan dua sisi mata uang, dua tetapi satu, satu tetapi dua”.
Berdasarkan
relevansinya dengan kurikulum, bab yang penulis analisis nampak point-point
standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum baik BSE IPS kelas X ataupun
buku IPS kelas XI. BSE IPS kelas X dirancang untuk mengembangkan pengetahuan,
pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Kemampuan
tersebut diperlukan untuk memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis, penyusunan buku BSE IPS kelas X didasarkan
pada standar isi mata pelajaran IPS, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam
Permen Diknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi mata pelajaran IPS untuk
SMK.
Penyusunan
buku BSE IPS kelas X ini diawali dengan melakukan pengembangan standar isi yang
mengacu pada standar kompetensi lulusan dan pengembangan keilmuan. Selain itu
juga dilakukan dengan memperhatikan karakteristik kurikulum, karakteristik
siswadan guru serta sekolah, serta berbagai prinsip pembelajaran. Materi pembelajaran
ini diharapkan lekat dengan kehidupan siswa SMK dan diharapkan mampu memberikan
fasilitas bagi mereka sehingga memungkinkan untuk berdialog dalam pengembangan
diri dan memecahkan berbagai macam permasalahan sosial secara kontekstual.
Sedangkan
buku teks IPS kelas XI ini disesuaikan
dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, agar dapat memenuhi kebutuhan akan
peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya siswa SMK. Materi
pembelajaran dalam buku ini diformat dalam sistem semester, yakni penggunaan
bahasa yang sederhana, adanya peta konsep, soal, rangkuman, istilah penting,
uji kompetensi dan ujian akhir semester.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan Buku teks
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di
sekolah-sekolah dan diperguruan tinggi untuk menunjang suatu program
pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku teks memiliki peran yang
sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk mengoptimalkan
potensi- potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku teks yang
baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Ada sebelas kriteria buku
teks yang baik seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty yaitu sudut
pandangan (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik
minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif,
komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan
memantapkan nilai-nilai sosial.
4.2 Saran
Berdasarkan pada kekurangan buku teks (khususnya BSE IPS
kelas X dan IPS kelas XI) yang ditemukan selama melakukan analisis, ada
beberapa saran yang dapat diajukan. 1. Pelajari kriteria-kriteria buku teks
yang baik. 2. Pada saat menulis buku teks, jadikan kurikulum terbaru sebagai
pola, materi apa saja yang akan dimuat di dalam buku. 3. Pelajari dan pahami
dengan baik standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam
kurikulum. 4. Tuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, juga indikator
kedalam buku teks. 5. Persiapkan dengan matang bahan-bahan atau data yang akan
dijadikan materi di dalam buku teks. 6. Dalam mendefinisikan sesuatu carilah
referensi yang dapat dipercaya. 7. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan
sasaran pembaca. 8. Gunakan ilustrasi yang mampu menarik minat siswa dan bisa
memotivasi siswa. 9. Guru harus cerdas memilih buku teks yang baik manakah yang
layak digunakan oleh siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Ali,
Fachry. 1997. “Budaya Lokal Di Indonesia”.
Dalam Asprasi Budaya Lokal Dalam
Konteks Negara Kesatuan. (Halaman 1-34).
Jakarta. Penerbit Badan Pendidikan dan
Pelatihan Departemen Dalam Negeri.
Al
Hakim, Suparlan. 2002. Pendidikan
Kewarganegaraan. Penerbit IKIP Malang. Malang.
Buchori
Zainun. 2004. Manajemen dan motivasi. Balai Aksara, Jakarta.
Direktorat
Menengah Kejuruan. 1997. Administrasi PSG.
Jakarta
Direktorat
Menengah Kejuruan. 1997. Organisasi
Pelaksana PSG. Jakarta
Direktorat
Menengah Kejuruan. 1997. Penilai dan
Sertifikasi PSG. Jakarta
Fausi
Ahmad, dkk. 2004. Ekonomi Berkeadilan Sosial Menatap Masa Depan
Indonesia.
Jakarta. PT Golden Terayon Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar