Rabu, 23 November 2011

makalah telaah kurikulum dan buku teks



MAKALAH
TELAAH BUKU TEKS IPS TINGKAT SMK








           
DOSEN                 :  HASFIN ARIAN, M.Pd
          DISUSUN OLEH        
1)      SUDAWAN SUPRIADI
2)      HERMAWAN
3)      MASRURI
4)      SUNANTO
5)      NURUL YATIM
6)      SARIFUDIN
7)      ARDIANTO
8)      HERI AMANUDIN
9)      NUR ROHMAH ZIANI
10)  ANA AMALIA
11)  FATMAWATI
12)  ANGGUN FERANIKA
13)  YUNITA PURNAMA SARI
MATA KULIAH       :  TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS
PRODI                        :  EKONOMI AKUNTANSI


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
( S T K I P )
NURUL HUDA SUKARAJA
KECAMATAN BUAY MADANG – OKU TIMUR
TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012



KATA  PENGANTAR



Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia Nya, yang mana kami dalam menyusun makalah ini tiada halangan suatu apapun.

Dalam hal ini kami akan menyajikan gambaran umum buku teks untuk SMK dan ringkasan yang berisikan tentang Buku Sekolah Elektronik IPS kelas X dan Buku Teks IPS  kelas XI. Yang mana tujuan kami dalam membuat ringkasan ini agar semua mahasiswa calon pendidik mengetahui cara untuk memilih buku teks yang baik dan relevan terhadap kurikulum yang ada dan salah satu tugas yang telah diberikan dosen kepada kelompok kami.

Kami  menyadari bahwa penulisan dan isi makalah ini masih perlu ditingkatkan mutunya oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.




   Penulis


















DAFTAR ISI




Kata Pengantar  ………….……………………………………………………………
i

Daftar Isi ………..………………………………….…………………………………
ii

BAB





BAB



BAB




BAB
I





II



III


.

VI

PENDAHULUAN   ……………………………………………………
1.1         Latar belakang ……………………………………………………..
1.2         Rumusan masalah ……………………………………………….….
1.3         Tujuan …………………………………………………………..….
1.4         Manfaat …………………………………………………………….

GAMBARAN UMUM BUKU TEKS SMK
2.1   Buku Sekolah Elektronik IPS  Kelas X …………………………….
2.2   Buku Teks IPS Kelas XI …………………………….……………..

PEMBAHASAN
3.1   Pengertian buku teks ……………………………………………….
3.2   Telaah buku teks tingkat SMK ……………………………………
3.3   Aspek isi …………………………………………………………..

PENUTUP
4.1  Kesimpulan   …………………………………………………………
4.2  Saran ………………………………………………………………..


1
2
2
2


3
4


6
6
7


9
9


Daftar Pustaka ………………………………………………………………………....   10







BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks dapat menjadi pegangan guru dan siswa yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku suplemen/tambahan. Di dalam kegiatan belajar, siswa tak sebatas mencermati apa- apa saja yang diterangkan oleh guru. Siswa membutuhkan referensi atau acuan untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa lebih luas sehingga kemampuannya dapat lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku teks tersebut, siswa dituntun untuk berlatih, berpraktik, atau mencobakan teori-teori yang sudah dipelajari dari buku tersebut. Oleh karena itu, guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya. Saat ini, pemerintah telah memberikan suatu kebijakan berupa disediakannya buku sekolah elektronik (BSE). Siswa ataupun guru dapat mengunduh buku tersebut secara gratis. Pemerintah membeli buku- buku dari penulis buku ajar yang telah lolos seleksi standardisasi buku teks yang telah ditetapkan. Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku ajar ini sudah sesuai atau belum, dsb. Oleh karena itu, perlu diadakannya analisis terhadap buku teks tersebut, dalam hal ini BSE apakah BSE tersebut telah benar-benar memenuhi kriteria buku teks yang baik. Buku  yang akan dianalisis dalam makalah ini ialah buku untuk Sekolah Menengah kejuruan “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK Kelas X ” yang ditulis oleh Nur Wahyu Rohmadi. Bab 3 tersebut mengangkat tema “kebutuhan manusia”. menarik untuk dikaji yaitu mengenai kesesuaiannya dengan buku teks yang ideal. Dan buku teks IPS untuk SMK kelas XII yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M.



 1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana gambaran umum isi bab yang dianalisis?
2. Bagaimana relevansi buku yang dianalisis dengan kurikulum?
3. Apa kelemahan dan kelebihan buku BSE IPS Jilid I dan buku IPS kelas XII ?
4. Bagaimana kesesuaiaan materi dan tugas yang terkandung didalam buku ?
5. Apa saja komponen lain sebagai penanda bahwa buku teks tersebut dapat dikatakan
   baik?


1.3 Tujuan
1. Untuk mengidentifikasi materi yang terdapat di dalam buku dan relevansinya
dengan kurikulum.
2. Untuk mengidentifikasi kesesuaian ilustrasi yang digunakan dengan materi yang  
   disampaikan.
3. Untuk mengetahui komponen-komponen lain sebagai penanda bahwa suatu buku
   teks dikatakan baik seperti kejelasan konsep, menarik minat, menumbuhkan
   motivasi, dsb.

1.4 Manfaat
1.      Pembaca ataupun penyusun secara khusus dapat mengetahui kriteria-kriteria atau standar buku teks yang baik.
2.      Guru dapat memberikan referensi buku ajar yang tepat bagi siswa-siswanya.
3.      Bisa menjadi bahan evaluasi dalam pembuatan buku teks yang berkualitas di penerbitan berikutnya.








BAB II
GAMBARAN UMUM ISI BUKU


2.1.  Buku Sekolah Elektronik  IPS Kelas X
 Identitas Buku Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai identitas buku yang salah satu babnya akan penulis analisis.
1)      Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK kelas X
2)      Penulis : Nur wahyu Rohmadi
3)      Editor  : Widodo
4)      Perancang Caver : TIM
5)      Ukuran 1 Buku : 17,6 x 25 cm
6)      Tahun Terbit : 2009
7)      Diterbitkan oleh : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Perbukuan Departemen Pendididikan Nasional
8)      Diperbanyak oleh : CV.ARYA DUTA Depok
9)      Tempat Terbit : Jakarta
10)  Ditujukan Kepada : Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X

Kelompok kami akan menganalisis materi yang terkandung dalam buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Kebutuhan Manusia”  ini merupakan bab ke tiga  dari buku Ilmu pengetahuan Sosial  untuk SMK kelas X yang ditulis oleh Nur wahyu rohmadi. Buku ini merupakan buku sekolah elektronik (BSE) yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009. Di dalam buku sekolah elektronik yang penulis analisis ini, profile lengkap penulis tidak tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat hidup atau riwayat pendidikan perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku teks ini. Yaitu untuk mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki kapabilitas dan pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan penulisan buku-buku ajar. Sistematika Isi, Pada awal bab, pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai topik bab tersebut yaitu “Kebutuhan Manusia”. Berkaitan dengan sistematika isi, bab 3 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar, penjelasan materi, tugas, dan rangkuman.


Di dalam penulisan buku ini pembaca khususnya peserta didik juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula lajur khusus di bawah  berupa kolom khusus intruksi tugas individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih terkesan rapih dan tidak tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Kebutuhan Manusia” ini terdiri dari sepuluh halaman. Halaman pertama terdiri atas topik bab, penjelasan materi, dan  gambar mengenai keseluruhan isi yang terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya mengenai penjelasan materi lanjutan. Selain penjelasan materi yang diformat secara naratif, ada juga penjelasan yang diformat berbentuk tabel atau bagan sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan. Selain itu, di lajur sebelah kiri atau kanan tersedia kolom-kolom yang berisi intruksi tugas individu atau kelompok. Dengan adanya kolom-kolom tersebut, tugas yang akan diintruksikan kepada siswa menjadi lebih rapid an di dua halaman terakhir bab terdapat rangkuman.

2.2.  Buku IPS kelas XI 
Identitas Buku Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai identitas buku yang salah satu babnya akan penulis analisis.
1)      Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial
2)      Penulis : Drs. Suwarto, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M
3)      Editor  : Bobby prabawa, S.E
4)      Disainer isi : Dedi wahyu sultan malaka
5)      Disainer sampul : Gatot Murtioso
6)      Sumber sampul : triswana
7)      Percetakan : Ghalia Indonesia Printing (Yudhistira)
8)      Tahun : Surakarta, agustus 2007







Selain itu kelompok kami akan menganalisis materi yang terkandung dalam buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Struktur Sosial dan Penyebab Konflik Sosial”  ini merupakan bab ke satu  dari buku Ilmu pengetahuan Sosial  untuk SMK kelas XI yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A, M.Pd & Drs. Agus Sumali, M.M. Buku ini merupakan buku panduan sekolah  cetakan pertama rajab 1428H Agustus 2007 oleh percetakan Ghalia Indonesia printing . Di dalam buku sekolah  yang penulis analisis ini, profile lengkap penulis tidak tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat hidup atau riwayat pendidikan perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku teks ini. Yaitu utnuk mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki kapabilitas dan pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan penulisan buku-buku ajar. Sistematika Isi dan Peta Konsep Pada awal bab, pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai topik bab tersebut yaitu “  Struktur Sosial dan Penyebab Konflik    sosial ”. Berkaitan dengan sistematika isi dan peta konsep, bab 1 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar, penjelasan materi, tugas, istilah-istilah penting, rangkuman dan uji kompetensi disetiap akir topik bab. Peta konsep yang tersaji dalam buku SMK kelas XI ini ditulis secara naratif yaitu mengenai topik bab secara keseluruhan.
Di dalam penulisan makalah ini pembaca khususnya peserta didik juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula lajur khusus di sebelah iri atau kanan berupa kolom khusus intruksi tugas individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih terkesan rapih dan tidak tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Struktur sosial dan penyebab konflik sosial” ini terdiri dari empat halaman. Halaman pertama terdiri atas topik bab, ilustrasi mengenai topik, dan peta konsep gambar mengenai keseluruhan isi yang terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya mengenai penjelasan materi. Selain penjelasan materi yang diformat secara sistematis, ada juga penjelasan yang diformat berbentuk table atau lingkaran sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan. Selain itu terdapat peta konsep dan kata kunci dari peta konsep itu berupa materi yang akan di sampaikan, di setiap akir sub topik  bahasan selalu ada soal latihan dan tugas, jadi lebih menekankan siswa untuk menguji materi di setiap sub pokok bahasan dan uji kompetensi di setiap akhir bab. Di dua halaman terakhir bab terdapat rangkuman dan istilah-istilah penting.


BAB III
PEMBAHASAN


3.1  Pengertian Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks IPS. Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523). Dari beberapa definisi tersebut, di dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (Tarigan, 1986: 13) disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

3.2  Telaah Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat SMK
Membaca definisi-definisi yang diungkapkan para ahli, terlihat sekali pentingnya buku teks dalam menganalisis sebagai bahan evaluasi buku teks di edisi mendatang. selalu dievaluasi untuk menunjang suatu pembelajaran. Sehingga, pembuatan buku teks harus dilakukan secara cermat. Buku teks yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty dalam Tarigan (1986: 86) yaitu sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimuli aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu.


Berdasarkan kriteria-kriteria buku teks yang baik tersebut, penulis melakukan penelaahan atau penganalisisan terhadap salah satu bab dari buku sekolah Elektronik  IPS kelas X yang ditulis oleh Nur Wahyu Rohmadi. Bab yang penulis analisis bertema “Kebutuhan Manusia”. Di dalam bab tersebut terdiri atas standar kompetensinya adalah Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, beberapa kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi kebutuhan manusia, mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jsa diperoduksi.
Dan satu bab dari buku IPS kelas XI yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A,M.Pd dan dkk. Bab yang penulis analisis bertema “Struktur sosial dan penyebab konflik sosial” dengan kompetensi dasar mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat, menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya konflik social dalam kehidupan masyarakat dan menganalisis hubungan struktur social dengan mobilitas sosial.

3.3  Aspek Isi
Relevansi dengan kurikulum Penulisan buku teks tidak lepas dari kurikulum karena penulisan buku teks memang mengacu pada kurikulum. menurut Tarigan dalam Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (1986: 66), “Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan atau dibandingkan dengan hubungan antara ikan dengan air,  atau juga dapat disamakan dengan dua sisi mata uang, dua tetapi satu, satu tetapi dua”.
Berdasarkan relevansinya dengan kurikulum, bab yang penulis analisis nampak point-point standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum baik BSE IPS kelas X ataupun buku IPS kelas XI. BSE IPS kelas X dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Kemampuan tersebut diperlukan untuk memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis,  penyusunan buku BSE IPS kelas X didasarkan pada standar isi mata pelajaran IPS, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Permen Diknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi mata pelajaran IPS untuk SMK.


Penyusunan buku BSE IPS kelas X ini diawali dengan melakukan pengembangan standar isi yang mengacu pada standar kompetensi lulusan dan pengembangan keilmuan. Selain itu juga dilakukan dengan memperhatikan karakteristik kurikulum, karakteristik siswadan guru serta sekolah, serta berbagai prinsip pembelajaran. Materi pembelajaran ini diharapkan lekat dengan kehidupan siswa SMK dan diharapkan mampu memberikan fasilitas bagi mereka sehingga memungkinkan untuk berdialog dalam pengembangan diri dan memecahkan berbagai macam permasalahan sosial secara kontekstual.
Sedangkan buku teks  IPS kelas XI ini disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, agar dapat memenuhi kebutuhan akan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya siswa SMK. Materi pembelajaran dalam buku ini diformat dalam sistem semester, yakni penggunaan bahasa yang sederhana, adanya peta konsep, soal, rangkuman, istilah penting, uji kompetensi dan ujian akhir semester.





















BAB IV
PENUTUP


 4.1  Simpulan Buku teks
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan diperguruan tinggi untuk menunjang suatu program pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku teks memiliki peran yang sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk mengoptimalkan potensi- potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku teks yang baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Ada sebelas kriteria buku teks yang baik seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty yaitu sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai sosial.

 4.2  Saran
Berdasarkan pada kekurangan buku teks (khususnya BSE IPS kelas X dan IPS kelas XI) yang ditemukan selama melakukan analisis, ada beberapa saran yang dapat diajukan. 1. Pelajari kriteria-kriteria buku teks yang baik. 2. Pada saat menulis buku teks, jadikan kurikulum terbaru sebagai pola, materi apa saja yang akan dimuat di dalam buku. 3. Pelajari dan pahami dengan baik standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. 4. Tuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, juga indikator kedalam buku teks. 5. Persiapkan dengan matang bahan-bahan atau data yang akan dijadikan materi di dalam buku teks. 6. Dalam mendefinisikan sesuatu carilah referensi yang dapat dipercaya. 7. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan sasaran pembaca. 8. Gunakan ilustrasi yang mampu menarik minat siswa dan bisa memotivasi siswa. 9. Guru harus cerdas memilih buku teks yang baik manakah yang layak digunakan oleh siswa.





DAFTAR PUSTAKA



Ali, Fachry. 1997. “Budaya Lokal Di Indonesia”. Dalam Asprasi Budaya Lokal Dalam      
     Konteks Negara Kesatuan. (Halaman 1-34). Jakarta. Penerbit Badan Pendidikan dan    
     Pelatihan Departemen Dalam Negeri.
Al Hakim, Suparlan. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit IKIP Malang. Malang.
Buchori Zainun. 2004. Manajemen dan motivasi. Balai Aksara, Jakarta.
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Administrasi PSG. Jakarta
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Organisasi Pelaksana PSG. Jakarta
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Penilai dan Sertifikasi PSG. Jakarta
Fausi Ahmad, dkk. 2004. Ekonomi Berkeadilan Sosial Menatap Masa Depan Indonesia.
     Jakarta. PT Golden Terayon Press.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar