Sabtu, 26 November 2011

rahasia memahami kepribadian orang lain


Berbicara tentang Sanguinis, kita akan berbicara tentang orang Populer, famous, terkenal dan mudah bergaul. Sanguinis yang Populer adalah watak yang sangat menyenangkan untuk dijadikan teman. Selera humornya tinggi. Ia adalah mesin bicara yang tak henti mengeluarkan kata-kata, meski dalam sehari semalam diajak bercerita, ia akan mampu meladeni. Pola emosi sanguinis berubah dengan sangat cepat. Kalau ia marah pada seseorang, dalam waktu satu jam kemudian ia akan bisa melupakan marahnya dan kembali berkomunikasi seperti sedia kala, layaknya tak terjadi apa-apa. Hidupnya selalu terasa menyenangkan. Ia laksana Peterpan, sang pangeran yang tiap kali merasa bahagia akan mendapatkan kekuatannya, dan tiap kali mendapatkan kesedihan kekuatannya akan hilang. Masa kecilnya bahagia, dan akhirnya ia tak pernah ‘menjadi dewasa’. Ia menikmati tiap kejadian dalam kehidupannya. Sayangnya, sanguinis yang Populer adalah orang yang sering tak konsisten terhadap waktu. Akibatnya orang yang dekat dengannya harus paham jika suatu waktu ia terlambat datang setelah janji yang dibuat dengan sangat tegas. Sanguinis yang Populer bisa saja bercerita hal bohong hanya untuk menyenangkan orang lain. Selera humor yang tinggi membuatnya mesti menceritakan banyak hal yang hampir tidak benar. Ia hanya ingin membuat orang lain tertawa. Di dalam forum, sanguinis adalah orang yang bintang. Ia bisa tertawa, bertanya, menyapa, berkawan dan menjadi bintang yang sangat cepat dikenal oleh orang.
Sanguinis yang Populer punya pembawaan mencari kesenangan permainan, dan sejak saat mereka masih kecil, mereka suka menyelidiki dan periang. Bayi Sanguinis yang Populer bermain-main dengan apa saja yang bisa mereka temukan, mereka tertawa, mengoceh dan senang bersama orang lain.
Kepribadian menyenangkan. Kepribadian mereka yang meluap-luap dan kharisma mereka yang alami menarik orang kepada mereka. Anak-anak sanguinis yang Populer punya sekelompok penggemar kecil yang selalu mengikuti mereka kemana-mana, sebab mereka ingin berada di mana ada saksi.
Suka bicara dan bercerita. Cara yang paling nyata untuk menemukan seorang sanguinis yang Populer adalah dengan mendengarkan di setiap kelompok dan menemukan orang yang paling keras bicara dan mengobrol hampir terus menerus. Sementara orang lain bicara, orang sanguinis yang Populer mengisahkan cerita mereka.
Menghidupkan suasana pesta. Sanguinis yang Populer punya keinginan bawaan untuk menjadi pusat perhatian, dan ciri khas ini, bersama dengan ceritanya yang warna-warni, menjadikan mereka orang yang bisa menghidupkan pesta.
Ingatan yang kuat akan warna. Orang sanguinis yang Populer tidak pandai mengingat nama, tanggal, tempat dan fakta, mereka mempunyai kemampuan yang unik untuk mengingat-ingat perincian hidup yang warna-warni. Mereka mungkin tidak tau inti suatu pesan, tapi mereka akan tau pembicara yang menggunakan gaun ungu dengan kelopak merak di bagian depannya.
Memukau pendengar. Karena sanguinis yang Populer sangat hangat dan menyukai hal-hal fisik, mereka cenderung suka memeluk, mencium, menepuk dan mengelus teman-temannya. Kontak ini demikian alami bagi mereka. Sanguinis yang Populer bukan hanya “peraba”, tetapi juga mereka sering memegangi orang yang diajak bicara supaya bisa melakukan kontak erat dan memastikan pendengarnya tidak lari.
Baik di panggung. Sanguinis yang Populer bisa menjadi pemberi sambutan, tuan rumha, resepsionis, pembawa acara, dan ketua klub yang baik sekali. Mereka bisa periang dan membangkitkan antusiasme dalam semua hati kecuali orang yang paling bebal.
Lugu dan polos. Sanguinis yang Populer adalah satu-satunya kepribadian yang tampaknya selalu lugu dan polos. Sanguinis yang Populer naif dan mempunyai kesederhanaan kanak-kanak sampai usia lanjut. Mereka sebenarnya tidak lebih bodoh dari watak-watak lainnya, hanya kadang mereka kelihatan seperti itu.
Antusias dan Ekspresif. Sanguinis yang Populer adalah orang yang emosional dan demonstratif, yang selalu optimis dan antusias terhadap hampir segala-galanya. Apa saja yang anda nyatakan, dia hampir ingin melakukannya, dan kemana saja anda menyebutkan akan pergi, mereka ingin pergi ke sana. Mereka bergerak, melompat, melambai dan menggeliat.
Penuh rasa ingin tahu. Sanguinis yang Populer selalu penuh rasa ingin tahu dan tidak ingin ketinggalan apapun. Di pesta-pesta, kalau seorang dengan watak itu sedang terlibat dalam sebuah percakapan dan mendengar namanya disebut di seberang ruangan, dia akan berhenti di tengah-tengah kalimat dan menoleh ke suara yang baru didengarnya. Sanguinis yang Populer kerap kali seperti radio yang mencari gelombangnya diputar-putar, menyetel berbagai stasiun yang berbeda-beda. Pikiran Sanguinis yang Populer dengan cepat berpindah-pindah dari satu percakapan ke percakapan lainnya.
Selamanya menjadi kanak-kanak. Salah satu alasan Sanguinis yang Populer mempertahankan terus cara-cara yang kekanak-kanakan adalah karena mereka dulu adalah anak-anak yang menyenangkan. Mereka disayang oleh orang tua, guru dan teman-teman, mereka tindak ingin meninggalkan kehidupan sebagai “pusat perhatian”. Alasan lainnya adalah bahwa mereka sebenarnya tidak suka tumbuh menjadi dewasa. Semua orang dari watak lainnya ingin meninggalkan kehidupan kanak-kanak, namun Sanguinis yang Populer tidak. Bagi mereka, semua gadis adalah Cinderella dan semua anak laki-laki adalah pangeran tampan.
Sukarelawan untuk tugas. Karena Sanguinis yang Populer ingin selalu bisa membantu dan Populer, mereka mengajukan diri secara sukarela tanpa memikirkan konsekuensinya.
Kreatif dan Inovatif. Otak Sanguinis yang Populer selalu memikirkan gagasan baru dan menarik. Dengan setiap hari datanglah tantangan baru yang dihadapi dengan kegiatan yang kreatif. Dalam setiap rapat komite, Sanguinis yang Populerlah yang memimpikan gagasan, mendapatkan imajinasi untuk mendekor ruangan serta memilih tema yang unik dan menyenangkan untuk proyek.
Mengilhami dan Mempesona Orang lain. Karena Sanguinis yang Populer mempunyai energi dan antusiasme yang berlimpah-limpah, mereka cenderung menarik dan mengilhami orang lain. Harry Truman pernah berkata bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengilhami orang lain untuk bekerja dan membuat mereka menikmatinya. Pernyataan ini menunjukkan bahwa Sanguinis yang Populer mampu menunjukkan gaya kepemimpinannya yang halus.
Mudah Berteman. Tidak ada orang asing bagi Sanguinis yang Populer, sebab dengan hanya mengatakan halo saja, mereka menjadi sahabat anda. Sementara orang lainnya ragu-ragu dan menahan diri, Sanguinis yang Populer membuka percakapan dengan siapa saja yang ditemuinya.
Tampak Menyenangkan. Karena Sanguinis yang Populer selalu melakukan banyak hal dengan cerdik, tampaknya mereka menghayati kehidupan yang lebih menyenangkan daripada teman-temannya.
MASALAH-MASALAH ORANG SANGUINIS YANG POPULER
Orang Sanguinis yang Populer Bicara Terlalu Banyak.
Pemecahan 1 : Biacaralah separuh dari sebelumnya
Pemecahan 2 : Mengawasi tanda-tanda kebosanan pada lawan bicara
Pemecahan 3 : Meringkas komentar Anda
Pemecahan 4 : Berhenti membesar-besarkan
Ingat! Warna-Warni sampai Ekstrim akan menjadi kebohongan!
Orang Sanguinis yang Populer Mementingkan Diri Sendiri
Pemecahan 1 : Perasalah terhadap kepentingan orang lain
Pemecahan 2 : Belajalah mendengarkan
Ingat! Perasalah terhadap kebutuhan orang lain dan dengarkan apa yang mereka katakan!
Orang Sanguinis yang Populer Punya Ingatan yang Belum Dikembangkan
Pemecahan 1 : Perhatikan Nama
Pemecahan 2 : Menuliskan segala-galanya
Pemecahan 3 : Jangan melupakan anak-anak
Ingat! Walaupun Anda bisa memberikan alasan mengapa Anda punya ingatan yang buruk, tidak seorang pun ingin mendengarnya. Perhatikan nama-nama orang lain, tulislah banyak hal, dan cobalah membuat catatan tentang dimana Anda meninggalkan barang-barang Anda.
Orang Sanguinis yang Populer adalah teman yang tidak tetap pikirannya dan Pelupa
Pemecahan 1 : Bacalah buku tentang persahabatan
Pemecahan 2 : Mendahulukan Kepentingan Orang lain
Orang-orang Sanguinis yang Populer, tidak mudah bagi Anda untuk menjadi “teman yang baik”, tetapi hal itu punya nilai yang lebih besar daripada upaya yang dilakukan. Jangan hanya puas menjadi pendengar, jadilah seorang sahabat!
Orang Sanguinis yang Populer Menyela dan Menjawab untuk Orang Lain
Pemecahan: Jangan berpikir bahwa Anda harus mengisi semua kekosongan
Ingat! Orang yang menyela dan menjawab untuk orang lain adalah orang yang kasar dan kurang pertimbangan, dan tidak lama lagi mendapat tanggapan yang tidak menyenangkan.
Orang Sanguinis yang Populer tidak tertib dan tidak dewasa
Pemecahan 1 : Satukan kehidupan Anda
Pemecahan 2 : Tumbuhlah Dewasa!!!
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG SANGUINIS YANG POPULER?!
Kenali kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas
Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir lebih dulu
Sadarilah mereka menyukai variasi dan fleksibilitas
Bantulah mereka agar tidak menerima lebih dari yang bisa mereka lakukan
Jangan harapkan mereka mengingat janji pertemuan atau datang tepat pada waktunya
Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai
Ingat bahwa mereka orang yang terpengaruh oleh keadaan
Bawakan mereka hadiah : Mereka menyukai mainan baru!
Terimalah kenyataaan bahwa mereka mendapatkan kesenangan dari apa yang akan memalukan orang lain!
Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik!
RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN SANGUINIS YANG POPULER
EMOSI
KEKUATAN
Kepribadian menyenangkan
Suka bicara dan bercerita
Menghidupkan suasana pesta
Selera humor yang baik
Ingatan akan warna
Secara fisik memegang pendengar
Emosional dan demonstratif
Antusias dan ekspresif
Ceria dan selalu gembira
Penuh rasa ingin tahu
Baik di panggung
Bermata lebar dan polos
Hidup di masa sekarang
Sikapnya mudah berubah
Berhati tulus
Kelemahan
Suka bicara
Membesar – besarkan
Tidak bisa mengingat nama
Membuat orang lain takut
Sebagian terlalu bahagia
Energi yang tidak mau diam
Egoistis
Suka mengeluh
Kekanak-kanakan
Suara dan tertawa keras
Dikendalikan keadaan
Mudah marah
Tampak palsu bagi beberapa orang
Tidak pernah dewasa
PEKERJAAN
Kekuatan
Mengajukan diri secara sukarela untuk bekerja
Memikirkan kegiatan baru
Tampak hebat di permukaan
Kreatif dan penuh warna
Punya energi dan semangat
Mulai dengan cara yang hebat
Mengilhami orang lain untuk bergabung
Mempesona orang lain untuk bekerja
Kelemahan
Lebih suka bicara
Melupakan kewajiban
Tidak mengikuti sampai tuntas
Keyakinan cepat luntur
Tidak disiplin
Prioritas kacau
Memutuskan dengan perasaan
Mudah teralihkan perhatiannya
Membuang-buang waktu dengan bicara
TEMAN-TEMAN
Kekuatan
Mudah berteman
Menyukai orang lain
Terdorong oleh pujian
Tampak menggembirakan
Dicemburui orang lain
Tidak menyimpan dendam
Cepat minta maaf
Mencegah saat membosankan
Menyukai kegiatan spontan
Kelemahan
Benci berada dalam sendirian
Perlu menjadi pusat perhatian
Ingin popoler
Mencari penghargaan
Mendominasi percakapan
Menyela dan tidak mendengarkan
Menjawab untuk orang lain
Tidak tetap dan pelupa
Membuat dalih
Mengulangi cerita




Tuhan menciptakan watak Phlegmatis yang Damai sebagai orang istimewa untuk menjadi bantalan bagi emosi tiga watak lainnya, untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan.
Orang Phlegmatis yang Damai meredakan rencana gila orang Sanguinis yang Populer. Orang Phlegmatis yang Damai tidak mau menjadi terlalu terkesan dengan keputusan cemerlang orang Koleris yang Kuat. Orang Phlegmatis yang Damai  tidak menganggap terlalu serius rencana rumit orang Melankolis yang Sempurna.
Orang Phlegmatis yang Damai adalah pemberi keseimbangan besar bagi kita semua, yang memperlihatkan kepada kita “Ini tidak penting sekali”. Dan dalam jangka panjang, memang itu tidak benar-benar penting.
Serba Guna. Orang Phlegmatis yang Damai adalah orang yang paling mudah dari semua watak untuk diajak bergaul. Sejak permulaan, bayi Phlegmatis yang Damai merupakan berkat bagi orangtuanya. Mereka akan menyenangkan untuk dimiliki, mereka akan berbahagia ditempatkan dimanapun juga, dan mereka akan memberi toleransi kepada jadwal yang fleksibel. Mereka menyukai teman-teman tetapi merasa berbahagia sendirian. Tidak ada apa pun yang rupanya mengganggu mereka, dan mereka suka mengamati orang yang lewat. Orang Phlegmatis yang Damai tidak menyinggung perasaan, tidak menarik perhatian orang lain kepada dirinya sendiri, dan dengan diam-diam melakukan apa yang diharapkan dari dirinya tanpa mencari penghargaan. Sementara orang Koleris adalah “Pemimpin bawaan sejak lahir”, orang Phlegmatis yang Damai adalah “Pemimpin karena belajar”, dan dengan motivasi yang semestinya bisa menanjak ke puncak karena kemampuannya yang menonjol untuk menyesuaikan diri dengan orang lain.
Kepribadian yang Rendah Hati. Orang Phlegmatis yang Damai begitu menyenangkan dan tidak ofensif sehignga menyenangkan berada di dekatnya dan setiap keluarga perlu mengimpor beberapa orang seperti itu, kalau mereka tidak kebetulan sudah melahirkan anak dengan watak tersebut.
Selalu Santai. Orang Phlegmatis yang Damai suka menghadapi persoalan dengan santai dan secara bertahap. Dia tidak ingin berfikir terlalu jauh ke depan.
Diam, Tenang dan Terkendali. Salah satu ciri khas orang Phlegmatis yang Damai yang mengagumkan adalah kemampuannya untuk tetap tenang berada di pusat badai. Kalau Sanguinis yang Populer menjerit, Melankolis yang Sempurna memberontak, Koleris yang Kuat berlari, orang Phlegmatis yang Damai tetap bersikap tenang. Dia mundur dan menunggu saat, dan kemudian bergerak diam-diam dan menuju arah yang benar. Emosi tidak menguasainya, kemarahan tidak memasuki hatinya. “Itu tidak layak diresahkan”, katanya.
Sabar – Baik Keseimbangannya. Orang Phlegmatis yang Damai tidak pernah tergesa-gesa, dan dia tidak pernah merasa terganggu oleh situasi yang mengganggu pikiran orang lain.

Menengahi Masalah. Sementara manusia berjuang di perairan yang bergejolak, orang Phlegmatis yang Damai mengangkat kepalanya dan menenangkan samudera. Sementara orang lainnya berdebat supaya kemauannya dituruti, orang Phlegmatis yang Damai bisa duduk menjauh dan memberikan pandangan yang obyektif. Setiap rumah dan bisnis memerlukan sedikinya seorang Phlegmatis yang Damai untuk meninjau kedua belah pihak dan mengeluarkan jawaban yang tenang, kalem, dan terkendali.
Mudah Diajak Bergaul. Orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman karena mudah diajak bergaul, dan semua watak lainnya memerlukan teman seperti ini. Sebagai anak-anak dan remaja, orang Phlegmatis yang Damai jarang memberikan kesulitan kepada ibunya, dan menyenangkan sebagai teman. Hal ini berefek ia memiliki banyak teman.
Menjadi Pendengar yang baik. Alasan lainnya mengapa orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman adalah karena mereka adalah pendengar yang baik. Sebagai satu kelompok, orang Phlegmatis yang Damai suka mendengarkan daripada berbicara. Orang Phlegmatis yang Damai bisa tetap diam.
MASALAH-MASALAH ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI
Orang Phlegmatis yang Damai seperti tidak ada
Pemecahan : Berusaha membangkitkan semangat
Ingat! Milikilah Antusiasme…
Orang Phlegmatis yang Damai melawan perubahan
Pemecahan: Cobalah sesuatu yang baru
Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya malas
Pemecahan 1 : Belajarlah menerima tanggung jawab hidup
Pemecahan 2 : Jangan menunda-nunda sampai besok apa yang bisa Anda lakukan hari ini
Pemecahan 3 : Motivasilah diri Anda
Orang Phlegmatis yang Damai punya kemampuan baja yang tenang
Pemecahan : Belajarlah mengkomunikasikan perasaan Anda
Ingat! Nyatakan perasaan Anda sebelum terlambat. Jangan sembunyikan lentera Anda di bawah semak-semak.
Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya tidak berpendirian
Pemecahan 1 : Berlatihlah membuat keputusan
Pemecahan 2 : Belajarlah mengatakan “Tidak”
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI?!
  • Sadarilah mereka membutuhkan motivasi langsung
  • Bantulah mereka menetapkan tujuan dan memperoleh imbalan
  • Jangan mengharapkan antusiasme
  • Sadarilah bahwa menunda-nunda merupakan bentuk kontrol mereka secara diam-diam
  • Paksalah mereka membuat keputusan
  • Jangan menumpuk semua kesalahan pada mereka
  • Doronglah mereka untuk menerima tanggung jawab
  • Hargailah disposisi mereka yang merata
RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN PHLEGMATIS YANG DAMAI
EMOSI
Kekuatan
Kepribadian profil rendah
Mudah bergaul dan santai
Tenang dan teguh
Sabar, seimbang
Hidup konsisten
Tidak banyak cakap tetapi bijaksana
Simpatik dan baik hati
Menyembunyikan emosi
Senang menyesuaikan diri dengan kehidupan
Penuh tujuan
Kelemahan
Tidak antusias
Takut dan khawatir
Tidak pasti
Menghindari tanggung jawab
Berkemauan baja yang tenang
Mementingkan diri sendiri
Terlalu pemalu dan pendiam
Terlalu suka kompromi
Merasa benar sendiri
KERJA
Kekuatan
Cakap dan mantap
Damai dan menyenangkan
Punya kemampuan administrasi
Menengahi masalah
Menghindari pertikaian
Baik di bawah tekanan
Menemukan cara yang mudah
Kelemahan
Tidak berorientasi tujuan
Kurang motivasi diri
Sulit bergerak
Tidak senang didesak-desak
Malas dan tidak peduli
Membuat orang lain merosot semangatnya
Lebih suka menonton
TEMAN-TEMAN
Kekuatan
Mudah diajak rukun
Menyenangkan
Tidak suka menyinggung perasaan
Pendengar yang baik
Rasa humor yang tajam
Suka mengawasi orang lain
Punya banyak teman
Berbelas kasihan dan peduli
Kelemahan
Menghilangkan antusiasme
Tidak mau terlibat
Tidak menyenangkan
Tidak mempedulikan rencana
Menilai orang lain
Sarkatis dan mengejek
Menolak perubahan






orang koleris adalah orang yang dinamis, memimpikan hal-hal mustahil dan bertujuan meraih bintang yang di luar jangkauannya. Koleris yang Kuat selalu mengincar, meraih, berhasil. Sementara orang Sanguinis bicara, orang Melankolis berpikir, orang Koleris yang Kuat mencapai. Dia punya watak yang paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul, selama anda hidup mengikuti peraturan emasnya : “Lakukan dengan cara saya, SEKARANG!”.
Orang Koleris yang Kuat mirip dengan Sanguinis yang Populer dalam hal mereka sama-sama mudah bergaul dan optimistis. Orang Koleris yang Kuat bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain, dan dia tahu segala-galanya akan beres – selama dia memegang pimpinan. Dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak-watak lainnya, dan dia memberi tahu Anda dengan jelas di mana dia berdiri. Karena orang Koleris yang Kuat berorientasi tujuan dan mempunyai kualitas kepemimpinan bawaan, dia biasanya menanjak ke puncak karir apa saja yang dipilihnya. Mayoritas pimpinan partai politik dunia terutama orang Koleris yang Kuat.
Dilahirkan sebagai Pemimpin. Orang Koleris yang Kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan sejak masa dini kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat ke luar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan sepepat apa dia akan mengambil alih kekuasaan dari Ibu.
Sangat memerlukan perubahan. Orang Koleris yang Kuat serba bisa memaksa dan mereka merasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa saja hal tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Orang Koleris yang Kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye demi kebenaran. Mereka tidak pernah tidak peduli atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan penuh keyakinan.
Orang Koleris yang Kuat meluruskan lukisan di rumah orang lain dan menggosok perabotan perak di restoran.
Berkemauan Kuat dan Tegas. Pada saat orang lain tidak dapat mengambil keputusan, orang Koleris yang Kuat akan memutuskan dengan seketika. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.
Orang Koleris yang Kuat mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Mereka memiliki jawabannya, mereka tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat, mereka menebus orang lain keluar, tapi mereka jarang populer karena kepastian dan sifat asertif mereka membuat orang lain merasa tidak aman, dan kemampuan mereka untuk memimpin dengan mudah bisa membuat mereka tampak sok berkuasa.
Bisa Menjalankan Apa Saja. Orang Koleris yang Kuat bisa menjalankan apa saja, apakah mereka memiliki pengetahuan hukum sampingan atau tidak. Orang Koleris yang Kuat secara alami melihat jawaban yang praktis terhadap masalah hidup dan tidak bisa membayangkan mengapa tidak ada orang lainnya yang memikirkan gagasan yang tepat.
Berorientasi Tujuan. Orang Koleris yang Kuat selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Ini merupakan hal yang sekaligus positif dan negatif, dalam hal bahwa mereka cenderung menuju puncak sendirian. Orang Koleris yang Kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan apa yang menjadi hambatannya. Mereka kerap kali menjadi penyendiri, bukan atas kemauan sendiri, tetapi karena tidak ada seorang pun yang bisa mendampingi mereka, dan mereka membiarkan orang lain tau bahwa mereka merupakan rintangan bagi kemajuan.
Mengorganisasi dengan Baik. Orang yang tidak tahu kemana dia akan pergi tidak akan sampai ke sana, dan Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang ahil dalam organisasi masalah seperti itu hingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.
Mendelegasikan Pekerjaan. Aset orang Koleris yang Kuat yang terbesar adalah kemampuannya mencapai melebihi siapapun juga ainnya, dibantu oleh bakatnya mengorganisasi. Kalau dia melihat tugas, seketika dia tahu bagaimana tugas itu harus ditangani, dan dia membagi proyek-proyek itu menjadi bagian-bagian pekerjaan secara mental. Dia tau bantuan apa yang akan diperolehnya dan dengan cepat dia membagi-bagi tugas di antara kelompok.
Berkembang Karena Tantangan. Orang Koleris yang Kuat bukan hanya suka mencapai tujuan, teatpi mereka juga berkembang karena tantangan. Kalau orang sanguinis berhasil dalam suatu tugas, dan seseorang mengatakan itu tidak bisa dilakukan, mereka mengucapkan terima kasih kepada orang itu, dan berhenti berusaha. Orang Melankolis yang Sempurna menyesali waktu yang mereka lewatkan dan merencanakan dan menganalisa situasi, dan orang Phlegmatis yang damai bersyukur kalau itu tidak dapat dilakukan, sebab sejak semula baginya hal itu kedengaran mirip sekali dengan pekerjaan. Tapi bagi orang Koleris yang Kuat, jika kita mengatakan itu mustahil, hal itu hanya akan menambah semangatnya untuk bisa melakukannya.
Tidak terlalu perlu teman. Sementara orang Sanguinis yang Populer membutuhkan teman sebagai pendengar, dan orang Melankolis yang Sempurna perlu teman yang memberikan dukungan, orang Koleris yang kuat tidak memerlukan siapa-siapa di sekelilingnya. Orang Koleris yang Kuat bekerja untuk kegiatan kelompok kalau ada tujuannya dan dengan senang hati akan terjun mengorganisasi kegiatan mengumpulkan dana, tetapi dia tidak perlu membuang waktu untuk mengobrol.
Biasanya Selalu Benar. Orang Koleris yang Kuat punya antena bawaan untuk mengindera situasi, dan dia akan membuat pengumuman hanya kalau dia tahu bahwa dia benar. Sementara ciri khasnya merupakan aset besar,orang lain yang berurusan dengan orang Koleris yang Kuat tidak selalu menghargai riwayat rekornya.
Unggul dalam Keadaan Darurat. Orang Koleris yang Kuat menyukai keadaan darurat, sehingga mereka bisa muncul dalam situasi yang tidap terduga dan memimpin seluruh kelompok menuju arah baru.
MASALAH-MASALAH ORANG KOLERIS YANG KUAT
Orang Koleris yang kuat adalah Pekerja Keras
Pemecahan 1 : Belajarlah rileks
Pemecahan 2 : Sadari bahwa Workaholic itu tak pernah baik bagi diri
Pemecahan 3 : Singkirkan tekanan dari orang lain
Pemecahan 4 : Rencanakan kegiatan di waktu senggang
Ingat! Anda bisa rileks tanpa perasaan bersalah
Orang Koleris yang Kuat harus terkendali
Pemecahan 1 : Menanggapi kepemimpinan orang lain
Pemecahan 2 : Jangan menyepelekan “Si Tolol”
Pemecahan 3 : Berhentilah Memanipulasi
Ingat! Berhenti memanipulasi orang lain dan memanfaatkan “Si Tolol”
Orang Koleris yang Kuat tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain
Pemecahan 1 : Latihlah kesabaran
Pemecahan 2 : Simpanlah nasehat sampai ada yang memintanya
Pemecahan 3 : Perlunak cara pendekatan Anda
Pemecahan 4 : Berhenti bertengkar dan menimbulkan kesulitan bagi orang lain
Ingat! Tidak seorang pun yang menyukai pembuat kerusuhan yang tidak sabaran dan Sok Berkuasa!
Orang Koleris yang Kuat Benar Tetapi Tidak Populer
Pemecahan 1 : Biarkan orang lain benar
Pemecahan 2 : Belajarlah minta maaf
Pemecahan 3 : Akuilah Anda Punya Kesalahan
Ingat! Seandainya orang Koleris yang Kuat mau membuka pikirannya untuk menyelidiki kelemahannya dan emngakui bahwa dia punya sedikit kesalahan, dia bisa menjadi orang yang sempurna sebagaimana yang dikiranya.
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG KOLERIS YANG KUAT?!
  • Akuilah bahwa mereka berbakat pemimpin
  • Bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah
  • Ketahuilah bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti
  • Jangan memaksa kemujuran Anda
  • Berusahalah membagi-bagi bidang tanggung jawab
  • Sadarilah mereka tidak penuh belas kasihan
  • Ketahuilah bahwa mereka selalu benar
Ringkasan kekuatan dan kelemahan Koleris yang Kuat
EMOSI
Kekuatan
Berbakat pemimpin
Dinamis dan aktif
Sangat memerlukan perubahan
Harus mengoreksi kesalahan
Berkemauan keras dan pasti
Tidak mudah patah semangat
Bebas dan mandiri
Mengesampingkan keyakinan
Bisa menjalankan apa saja
Kelemahan
Suka memerintah
Tidak sabar
Cepat marah
Tidak bisa santai
Terlalu bergairah
Tidak emosional
Menyukai kontroversi dan pertengkaran
Tidak mau menyerah kalau kalah
Terlalu kuat
Kaku
Tidak mau memuji
Tidak menyukai air mata dan emosi
Tidak simpatik
PEKERJAAN
Kekuatan
Berorientasi tujuan
Melihat seluruh gambaran
Serba teratur
Mencari pemecahan praktis
Bergerak cepat untuk bertindak
Mendelegasikan pekerjaan
Wawasan tentang produksi
Membuat tujuan
Merangsang kegiatan
Terdorong oleh penentangan
Kelemahan
Sedikit toleransi terhadap kesalahan
Tidak menganalisis perincian
Bosan oleh hal sepele
Banyak yang membuat keputusan tergesa- gesa
Bisa kasar atau tidak taktis
Memanipulasi orang lain
Menuntut orang lain
Tujuan menghalalkan cara
Kerja bisa menjadi tuhannya
Menuntut loyalitas bawahan
TEMAN-TEMAN
Kekuatan
Tidak begitu memerlukan teman
Mau bekerja untuk kegiatan kelompok
Mau memimpin dan mengorganisai
Biasanya benar
Unggul dalam keadaan darurat
Kelemahan
Cenderung memperalat orang lain
Mendominasi orang lain
Memutuskan untuk orang lain
Mengetahui segala-galanya
Bisa melakukan segala-galanya lebih baik
Terlalu mandiri
Ingin menguasai kawan dan teman hidup
Tidak bisa minta maaf
Mungkin benar, tetapi tidak populer



Rabu, 23 November 2011

makalah telaah kurikulum dan buku teks



MAKALAH
TELAAH BUKU TEKS IPS TINGKAT SMK








           
DOSEN                 :  HASFIN ARIAN, M.Pd
          DISUSUN OLEH        
1)      SUDAWAN SUPRIADI
2)      HERMAWAN
3)      MASRURI
4)      SUNANTO
5)      NURUL YATIM
6)      SARIFUDIN
7)      ARDIANTO
8)      HERI AMANUDIN
9)      NUR ROHMAH ZIANI
10)  ANA AMALIA
11)  FATMAWATI
12)  ANGGUN FERANIKA
13)  YUNITA PURNAMA SARI
MATA KULIAH       :  TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS
PRODI                        :  EKONOMI AKUNTANSI


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
( S T K I P )
NURUL HUDA SUKARAJA
KECAMATAN BUAY MADANG – OKU TIMUR
TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012



KATA  PENGANTAR



Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia Nya, yang mana kami dalam menyusun makalah ini tiada halangan suatu apapun.

Dalam hal ini kami akan menyajikan gambaran umum buku teks untuk SMK dan ringkasan yang berisikan tentang Buku Sekolah Elektronik IPS kelas X dan Buku Teks IPS  kelas XI. Yang mana tujuan kami dalam membuat ringkasan ini agar semua mahasiswa calon pendidik mengetahui cara untuk memilih buku teks yang baik dan relevan terhadap kurikulum yang ada dan salah satu tugas yang telah diberikan dosen kepada kelompok kami.

Kami  menyadari bahwa penulisan dan isi makalah ini masih perlu ditingkatkan mutunya oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.




   Penulis


















DAFTAR ISI




Kata Pengantar  ………….……………………………………………………………
i

Daftar Isi ………..………………………………….…………………………………
ii

BAB





BAB



BAB




BAB
I





II



III


.

VI

PENDAHULUAN   ……………………………………………………
1.1         Latar belakang ……………………………………………………..
1.2         Rumusan masalah ……………………………………………….….
1.3         Tujuan …………………………………………………………..….
1.4         Manfaat …………………………………………………………….

GAMBARAN UMUM BUKU TEKS SMK
2.1   Buku Sekolah Elektronik IPS  Kelas X …………………………….
2.2   Buku Teks IPS Kelas XI …………………………….……………..

PEMBAHASAN
3.1   Pengertian buku teks ……………………………………………….
3.2   Telaah buku teks tingkat SMK ……………………………………
3.3   Aspek isi …………………………………………………………..

PENUTUP
4.1  Kesimpulan   …………………………………………………………
4.2  Saran ………………………………………………………………..


1
2
2
2


3
4


6
6
7


9
9


Daftar Pustaka ………………………………………………………………………....   10







BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks dapat menjadi pegangan guru dan siswa yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku suplemen/tambahan. Di dalam kegiatan belajar, siswa tak sebatas mencermati apa- apa saja yang diterangkan oleh guru. Siswa membutuhkan referensi atau acuan untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa lebih luas sehingga kemampuannya dapat lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku teks tersebut, siswa dituntun untuk berlatih, berpraktik, atau mencobakan teori-teori yang sudah dipelajari dari buku tersebut. Oleh karena itu, guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya. Saat ini, pemerintah telah memberikan suatu kebijakan berupa disediakannya buku sekolah elektronik (BSE). Siswa ataupun guru dapat mengunduh buku tersebut secara gratis. Pemerintah membeli buku- buku dari penulis buku ajar yang telah lolos seleksi standardisasi buku teks yang telah ditetapkan. Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudut keilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan buku ajar ini sudah sesuai atau belum, dsb. Oleh karena itu, perlu diadakannya analisis terhadap buku teks tersebut, dalam hal ini BSE apakah BSE tersebut telah benar-benar memenuhi kriteria buku teks yang baik. Buku  yang akan dianalisis dalam makalah ini ialah buku untuk Sekolah Menengah kejuruan “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK Kelas X ” yang ditulis oleh Nur Wahyu Rohmadi. Bab 3 tersebut mengangkat tema “kebutuhan manusia”. menarik untuk dikaji yaitu mengenai kesesuaiannya dengan buku teks yang ideal. Dan buku teks IPS untuk SMK kelas XII yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M.



 1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana gambaran umum isi bab yang dianalisis?
2. Bagaimana relevansi buku yang dianalisis dengan kurikulum?
3. Apa kelemahan dan kelebihan buku BSE IPS Jilid I dan buku IPS kelas XII ?
4. Bagaimana kesesuaiaan materi dan tugas yang terkandung didalam buku ?
5. Apa saja komponen lain sebagai penanda bahwa buku teks tersebut dapat dikatakan
   baik?


1.3 Tujuan
1. Untuk mengidentifikasi materi yang terdapat di dalam buku dan relevansinya
dengan kurikulum.
2. Untuk mengidentifikasi kesesuaian ilustrasi yang digunakan dengan materi yang  
   disampaikan.
3. Untuk mengetahui komponen-komponen lain sebagai penanda bahwa suatu buku
   teks dikatakan baik seperti kejelasan konsep, menarik minat, menumbuhkan
   motivasi, dsb.

1.4 Manfaat
1.      Pembaca ataupun penyusun secara khusus dapat mengetahui kriteria-kriteria atau standar buku teks yang baik.
2.      Guru dapat memberikan referensi buku ajar yang tepat bagi siswa-siswanya.
3.      Bisa menjadi bahan evaluasi dalam pembuatan buku teks yang berkualitas di penerbitan berikutnya.








BAB II
GAMBARAN UMUM ISI BUKU


2.1.  Buku Sekolah Elektronik  IPS Kelas X
 Identitas Buku Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai identitas buku yang salah satu babnya akan penulis analisis.
1)      Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK kelas X
2)      Penulis : Nur wahyu Rohmadi
3)      Editor  : Widodo
4)      Perancang Caver : TIM
5)      Ukuran 1 Buku : 17,6 x 25 cm
6)      Tahun Terbit : 2009
7)      Diterbitkan oleh : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Perbukuan Departemen Pendididikan Nasional
8)      Diperbanyak oleh : CV.ARYA DUTA Depok
9)      Tempat Terbit : Jakarta
10)  Ditujukan Kepada : Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X

Kelompok kami akan menganalisis materi yang terkandung dalam buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Kebutuhan Manusia”  ini merupakan bab ke tiga  dari buku Ilmu pengetahuan Sosial  untuk SMK kelas X yang ditulis oleh Nur wahyu rohmadi. Buku ini merupakan buku sekolah elektronik (BSE) yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009. Di dalam buku sekolah elektronik yang penulis analisis ini, profile lengkap penulis tidak tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat hidup atau riwayat pendidikan perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku teks ini. Yaitu untuk mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki kapabilitas dan pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan penulisan buku-buku ajar. Sistematika Isi, Pada awal bab, pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai topik bab tersebut yaitu “Kebutuhan Manusia”. Berkaitan dengan sistematika isi, bab 3 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar, penjelasan materi, tugas, dan rangkuman.


Di dalam penulisan buku ini pembaca khususnya peserta didik juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula lajur khusus di bawah  berupa kolom khusus intruksi tugas individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih terkesan rapih dan tidak tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Kebutuhan Manusia” ini terdiri dari sepuluh halaman. Halaman pertama terdiri atas topik bab, penjelasan materi, dan  gambar mengenai keseluruhan isi yang terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya mengenai penjelasan materi lanjutan. Selain penjelasan materi yang diformat secara naratif, ada juga penjelasan yang diformat berbentuk tabel atau bagan sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan. Selain itu, di lajur sebelah kiri atau kanan tersedia kolom-kolom yang berisi intruksi tugas individu atau kelompok. Dengan adanya kolom-kolom tersebut, tugas yang akan diintruksikan kepada siswa menjadi lebih rapid an di dua halaman terakhir bab terdapat rangkuman.

2.2.  Buku IPS kelas XI 
Identitas Buku Berikut ini ialah gambaran singkat mengenai identitas buku yang salah satu babnya akan penulis analisis.
1)      Judul Buku : Ilmu Pengetahuan Sosial
2)      Penulis : Drs. Suwarto, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M
3)      Editor  : Bobby prabawa, S.E
4)      Disainer isi : Dedi wahyu sultan malaka
5)      Disainer sampul : Gatot Murtioso
6)      Sumber sampul : triswana
7)      Percetakan : Ghalia Indonesia Printing (Yudhistira)
8)      Tahun : Surakarta, agustus 2007







Selain itu kelompok kami akan menganalisis materi yang terkandung dalam buku teks tersebut dengan membahas 1 bab dengan topik “Struktur Sosial dan Penyebab Konflik Sosial”  ini merupakan bab ke satu  dari buku Ilmu pengetahuan Sosial  untuk SMK kelas XI yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A, M.Pd & Drs. Agus Sumali, M.M. Buku ini merupakan buku panduan sekolah  cetakan pertama rajab 1428H Agustus 2007 oleh percetakan Ghalia Indonesia printing . Di dalam buku sekolah  yang penulis analisis ini, profile lengkap penulis tidak tersaji. Padahal data semacam daftar riwayat hidup atau riwayat pendidikan perlu untuk menunjang dalam penganalisisan buku teks ini. Yaitu utnuk mengetahui apakah penulis ialah orang yang memiliki kapabilitas dan pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan, perbukuaan, dan penulisan buku-buku ajar. Sistematika Isi dan Peta Konsep Pada awal bab, pembaca akan disuguhi dengan ilustrasi mengenai topik bab tersebut yaitu “  Struktur Sosial dan Penyebab Konflik    sosial ”. Berkaitan dengan sistematika isi dan peta konsep, bab 1 ini terdiri atas judul bab, ilustrasi, gambar-gambar, penjelasan materi, tugas, istilah-istilah penting, rangkuman dan uji kompetensi disetiap akir topik bab. Peta konsep yang tersaji dalam buku SMK kelas XI ini ditulis secara naratif yaitu mengenai topik bab secara keseluruhan.
Di dalam penulisan makalah ini pembaca khususnya peserta didik juga dibantu dengan adanya penjelasan materi yang diformat seperti tabel sehingga siswa dapat lebih mudah memahami. Setiap 1 judul materi tersedia pula lajur khusus di sebelah iri atau kanan berupa kolom khusus intruksi tugas individu atau kelompok. Sehingga, intruksi tugas lebih terkesan rapih dan tidak tercecer.
Halaman Bab dengan topik “Struktur sosial dan penyebab konflik sosial” ini terdiri dari empat halaman. Halaman pertama terdiri atas topik bab, ilustrasi mengenai topik, dan peta konsep gambar mengenai keseluruhan isi yang terdapat di dalam bab ini. Halaman-halaman berikutnya mengenai penjelasan materi. Selain penjelasan materi yang diformat secara sistematis, ada juga penjelasan yang diformat berbentuk table atau lingkaran sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami materi langkah kerja yang harus dilakukan. Selain itu terdapat peta konsep dan kata kunci dari peta konsep itu berupa materi yang akan di sampaikan, di setiap akir sub topik  bahasan selalu ada soal latihan dan tugas, jadi lebih menekankan siswa untuk menguji materi di setiap sub pokok bahasan dan uji kompetensi di setiap akhir bab. Di dua halaman terakhir bab terdapat rangkuman dan istilah-istilah penting.


BAB III
PEMBAHASAN


3.1  Pengertian Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikut ini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks IPS. Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523). Dari beberapa definisi tersebut, di dalam buku Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (Tarigan, 1986: 13) disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

3.2  Telaah Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat SMK
Membaca definisi-definisi yang diungkapkan para ahli, terlihat sekali pentingnya buku teks dalam menganalisis sebagai bahan evaluasi buku teks di edisi mendatang. selalu dievaluasi untuk menunjang suatu pembelajaran. Sehingga, pembuatan buku teks harus dilakukan secara cermat. Buku teks yang baik harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty dalam Tarigan (1986: 86) yaitu sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimuli aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu.


Berdasarkan kriteria-kriteria buku teks yang baik tersebut, penulis melakukan penelaahan atau penganalisisan terhadap salah satu bab dari buku sekolah Elektronik  IPS kelas X yang ditulis oleh Nur Wahyu Rohmadi. Bab yang penulis analisis bertema “Kebutuhan Manusia”. Di dalam bab tersebut terdiri atas standar kompetensinya adalah Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, beberapa kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi kebutuhan manusia, mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jsa diperoduksi.
Dan satu bab dari buku IPS kelas XI yang ditulis oleh Drs. Suwarto W.A,M.Pd dan dkk. Bab yang penulis analisis bertema “Struktur sosial dan penyebab konflik sosial” dengan kompetensi dasar mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat, menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya konflik social dalam kehidupan masyarakat dan menganalisis hubungan struktur social dengan mobilitas sosial.

3.3  Aspek Isi
Relevansi dengan kurikulum Penulisan buku teks tidak lepas dari kurikulum karena penulisan buku teks memang mengacu pada kurikulum. menurut Tarigan dalam Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia (1986: 66), “Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan atau dibandingkan dengan hubungan antara ikan dengan air,  atau juga dapat disamakan dengan dua sisi mata uang, dua tetapi satu, satu tetapi dua”.
Berdasarkan relevansinya dengan kurikulum, bab yang penulis analisis nampak point-point standar kompetensi yang sesuai dengan kurikulum baik BSE IPS kelas X ataupun buku IPS kelas XI. BSE IPS kelas X dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Kemampuan tersebut diperlukan untuk memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis,  penyusunan buku BSE IPS kelas X didasarkan pada standar isi mata pelajaran IPS, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Permen Diknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi mata pelajaran IPS untuk SMK.


Penyusunan buku BSE IPS kelas X ini diawali dengan melakukan pengembangan standar isi yang mengacu pada standar kompetensi lulusan dan pengembangan keilmuan. Selain itu juga dilakukan dengan memperhatikan karakteristik kurikulum, karakteristik siswadan guru serta sekolah, serta berbagai prinsip pembelajaran. Materi pembelajaran ini diharapkan lekat dengan kehidupan siswa SMK dan diharapkan mampu memberikan fasilitas bagi mereka sehingga memungkinkan untuk berdialog dalam pengembangan diri dan memecahkan berbagai macam permasalahan sosial secara kontekstual.
Sedangkan buku teks  IPS kelas XI ini disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, agar dapat memenuhi kebutuhan akan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya siswa SMK. Materi pembelajaran dalam buku ini diformat dalam sistem semester, yakni penggunaan bahasa yang sederhana, adanya peta konsep, soal, rangkuman, istilah penting, uji kompetensi dan ujian akhir semester.





















BAB IV
PENUTUP


 4.1  Simpulan Buku teks
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan diperguruan tinggi untuk menunjang suatu program pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku teks memiliki peran yang sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk mengoptimalkan potensi- potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku teks yang baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Ada sebelas kriteria buku teks yang baik seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty yaitu sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai sosial.

 4.2  Saran
Berdasarkan pada kekurangan buku teks (khususnya BSE IPS kelas X dan IPS kelas XI) yang ditemukan selama melakukan analisis, ada beberapa saran yang dapat diajukan. 1. Pelajari kriteria-kriteria buku teks yang baik. 2. Pada saat menulis buku teks, jadikan kurikulum terbaru sebagai pola, materi apa saja yang akan dimuat di dalam buku. 3. Pelajari dan pahami dengan baik standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. 4. Tuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, juga indikator kedalam buku teks. 5. Persiapkan dengan matang bahan-bahan atau data yang akan dijadikan materi di dalam buku teks. 6. Dalam mendefinisikan sesuatu carilah referensi yang dapat dipercaya. 7. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan sasaran pembaca. 8. Gunakan ilustrasi yang mampu menarik minat siswa dan bisa memotivasi siswa. 9. Guru harus cerdas memilih buku teks yang baik manakah yang layak digunakan oleh siswa.





DAFTAR PUSTAKA



Ali, Fachry. 1997. “Budaya Lokal Di Indonesia”. Dalam Asprasi Budaya Lokal Dalam      
     Konteks Negara Kesatuan. (Halaman 1-34). Jakarta. Penerbit Badan Pendidikan dan    
     Pelatihan Departemen Dalam Negeri.
Al Hakim, Suparlan. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit IKIP Malang. Malang.
Buchori Zainun. 2004. Manajemen dan motivasi. Balai Aksara, Jakarta.
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Administrasi PSG. Jakarta
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Organisasi Pelaksana PSG. Jakarta
Direktorat Menengah Kejuruan. 1997. Penilai dan Sertifikasi PSG. Jakarta
Fausi Ahmad, dkk. 2004. Ekonomi Berkeadilan Sosial Menatap Masa Depan Indonesia.
     Jakarta. PT Golden Terayon Press.